Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 19 Mei 2008

Kesal, Blokade Jalan dengan Sampah

arah karena lambatnya penanganan krisis sampah di lingkungannya, warga Naples, Italia memblokade jalan dengan sampah. Aksi itu mereka lakukan setelah selama berbulan-bulan sampah di sekitar rumah mereka tidak juga diangkut.

Sekelompok warga yang lain membuat 100 gundukan sampah dan lantas membakarnya. Tindakan tersebut membuat petugas pemadam kebakaran kota itu kelabakan. Apalagi upaya mereka memadamkan api itu dihadang warga.

Dalam tayangan televise terlihat warga melempari petugas pemadam kebakaran dengan batu. "Penyerangan lemparan ini bukan yang pertama kalinya, dan saya saya khawatir ini juga bukan yang terakhir," ujar salah seorang pemadam kebakaran.

Aksi terakhir ini terjadi sehari sebelum PM yang baru terpilih bulan lalu, Silvio Berlusconi, menjanjikan akan mengatasi skandal sampah ini dengan menyelenggarakan pertemuan kabinet pertama kalinya secara penuh hari ini. Sampai kemarin, diperkirakan 50.000 ton sampah rumah tangga belum terangkut.

Kegagalan Italia menangani masalah sampah itu menjadi pembahasan serius di Komisi Eropa. Uni Eropa (EU) mengancam mencabut pinjaman miliaran Euro bila pemerintah negeri pizza itu tidak dapat segera mengakhiri krisis sampah tadi.

Krisis sampah tersebut dipicu sulitnya pemerintah mendapatkan lahan untuk penampungan akhir. Banyak lahan yang dikuasai para mafia. Dan pemerintah tidak berdaya membebaskannya

Tidak ada komentar: